Skip to main content

Agar ban dalam awet tidak mudah bocor

Mungkin anda pernah mengalami yang namanya ban bocor, entah itu saat pergi ke pasar, kantor atau mudik saat menjelang libur lebaran. Mungkin jarang juga juga yang mengalami hal ini, ada juga yang sering mengalaminya. Tapi apapun itu semua merupakan kendala yang membuat aktifitas keseharian kita terganggu.

Agar ban dalam awet tidak mudah bocor


Apalagi yang sering mengalami bannya bocor, cukup mengesalkan. Pasalnya bukan hanya aktifitas kita yang terganggu, tetapi biaya penambalannya yang cukup nguras dompet kita jika terdapat banyak kebocoran atau lubang pada ban dalamnya. Kalau keseringan di tambal juga berakibat kondisi ban dalamnya semakin jelek dan lebih rentan bocor kembali.
Solusinya bisa kita ganti dengan ban dalam yang baru. Tetapi apakah itu bisa menjamin klo ban dalam motor kita tidak akan bocor kembali ? Kita tahu, harga ban dalam saja yang mereknya biasa-biasa saja plus jasa bongkar pasangnya minimal kita harus meraup kocek ± Rp.40.000,-. Makin tipis saja dompet anda jika itu terjadi sering sekali.
Lalu apakah ada solusi lain ?
Sebenarnya ada solusi lain selain daripada itu yang lebih hemat, tidak banyak menguras dompet anda dan yang pastinya tahan lama.
Solusi yang pertama :
Kalau bisa, saat belum terjadi ban mengalami bocor. Alangkah baiknya ban luar bagian dalamnya dilapisi dengan ban dalam bekas. Tujuannya adalah untuk mengurangi gesekan antara ban luar dan ban dalam sekaligus mengurangi pemuaian pada saat berkendara di aspal jalan yang panas. Ini adalah penyebab yang sering menimbulkan ban dalam bocor padahal tidak ada paku atau benda-benda kecil tajam yang menembus ban dalam.
Solusi kedua :
Ganti ban sepeda motor anda dengan yang bertipe tubeless dan beri cairan khusus ban Tubeless kedalam ban luarnya. Tujuannya adalah agar pada saat ada kebocoran, cairan tersebut langsung menutupi lubang tersebut dengan sendirinya.
Lakukan kedua hal tersebut agar ban sepeda motor anda awet dan tidak mudah bocor.
Semoga bermanfaat.
Terus kunjung blog saya untuk dapatkan informasi seputar dunia Otomotif lainnya.
Silahkan beri komentar terbaik anda dibawah ini

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab terjadinya knocking

Kembali lagi dengan saya Taufik.  Saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu knocking dan penyebabnya yang saya ketahui. Knocking memang terasa asing bagi orang yang tidak tahu tentang permesinan. Pernah tidak anda mengalami sepeda motor terdengar brisik seperti menggelitik, itu yang dinamakan knocking.  Apa itu Knocking ? Knocking adalah nama yang biasa dipakai untuk istilah detonasi. Knocking atau detonasi adalah keadaan dimana campuran bahan bakar dan udara di dalam mesin terbakar lebih awal sebelum waktu penyalaan yang seharusnya atau bisa disebut juga penyalaan dini pada mesin. Misalnya saat penyalaan mesin atau timing ignition yang seharusnya adalah antara 8 sampai dengan 10 derajat sebelum piston mencapai Titik Mati Atas (TMA), jika campuran udara dan bahan bakar sudah terbakar sebelum waktu penyalaan tersebut, maka akan muncul getaran atau suara ngelitik pada mesin. Lalu apa saja penyebab motor knocking atau detonasi ? Bagaimana solusinya agar tid...
Selamat Datang di Blog keraidiot.blogspot.com Nama saya Taufik biasa dipanggil ofik. Saya lahir di Bandung tepatnya di Kampung Lamajang RT005/RW 006 Desa Citeureup Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Saya seorang karyawan di salah satu perusahaan swasta dan juga seorang mahasiswa di salah satu Politeknik di kota Bandung. Saat ini saya sedang aktif dalam membuat artikel blog seputar dunia Otomotif. Blog ini saya buat, selain untuk saling berbagi informasi,panduan dan ataupun menggali ilmu yang semoga bermanfaat untuk pengunjung blog ini, juga sebagai hobi baru yang saya rintis saat ini. Alasan lainnya juga karena berbagi ilmu itu menyenangkan dan dianjurkan, karena selain bermanfaat untuk orang lain, juga mendapat pahala karena sebagian dari ibadah. Sebelumnya saya ingin memohon maaf kepada para pengunjung blog, jika terdapat informasi ataupun penyampaian yang kurang jelas didalam artikel yang saya buat, mohon untuk diberi komentar dan saran oleh anda sebagai bahan...