Skip to main content

Oktan

Kembali lagi bersama saya Taufik.

Kali ini saya akan coba memberikan informasi tentang apa itu Oktan. Ketika berada di SPBU-SPBU sekitar kita, pernah gak kalian sewaktu mengisi bensin di SPBU tertera keterangan Pertamax 92 ? Pernah yah..pernah.. (Kasian kalo yang belum pernah lihat coba main-main aja ke SPBU biar gak penasaran)

.

Research Octane Number (RON) atau Oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin kendaraan ataupun motor tempel, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston (masyarakat biasa menyebutnya seher) sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin, dan ini bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Baca juga : penyebab terjadinya knocking pada mesin

Nama oktan sendiri berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana-lah yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.

Silahkan beri komentar terbaik anda dibawah ini


Comments

Popular posts from this blog

Penyebab terjadinya knocking

Kembali lagi dengan saya Taufik.  Saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu knocking dan penyebabnya yang saya ketahui. Knocking memang terasa asing bagi orang yang tidak tahu tentang permesinan. Pernah tidak anda mengalami sepeda motor terdengar brisik seperti menggelitik, itu yang dinamakan knocking.  Apa itu Knocking ? Knocking adalah nama yang biasa dipakai untuk istilah detonasi. Knocking atau detonasi adalah keadaan dimana campuran bahan bakar dan udara di dalam mesin terbakar lebih awal sebelum waktu penyalaan yang seharusnya atau bisa disebut juga penyalaan dini pada mesin. Misalnya saat penyalaan mesin atau timing ignition yang seharusnya adalah antara 8 sampai dengan 10 derajat sebelum piston mencapai Titik Mati Atas (TMA), jika campuran udara dan bahan bakar sudah terbakar sebelum waktu penyalaan tersebut, maka akan muncul getaran atau suara ngelitik pada mesin. Lalu apa saja penyebab motor knocking atau detonasi ? Bagaimana solusinya agar tid...

Bingung milih BBM buat motor kamu??

Terkadang kita sempat bingung saat memilih BBM (bahan bakar minyak) buat kendaraan kesayangan kita. Di indonesia khusus, dari perusahaan tambang minyak BUMN ternama yaitu PT.Pertamina, menyediakan berbagai jenis bahan bakar untuk kendaraan roda dua dan lebih. Jenis BBM yang umumnya sering digunakan oleh kalangan masyarakat indonesia diantaranya : Premium Pertamax Pertamax Plus, dan  Solar Bedanya apa dari kelima jenis-jenis bahan bakar tersebut ? Mari kita bahas...
Selamat Datang di Blog keraidiot.blogspot.com Nama saya Taufik biasa dipanggil ofik. Saya lahir di Bandung tepatnya di Kampung Lamajang RT005/RW 006 Desa Citeureup Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Saya seorang karyawan di salah satu perusahaan swasta dan juga seorang mahasiswa di salah satu Politeknik di kota Bandung. Saat ini saya sedang aktif dalam membuat artikel blog seputar dunia Otomotif. Blog ini saya buat, selain untuk saling berbagi informasi,panduan dan ataupun menggali ilmu yang semoga bermanfaat untuk pengunjung blog ini, juga sebagai hobi baru yang saya rintis saat ini. Alasan lainnya juga karena berbagi ilmu itu menyenangkan dan dianjurkan, karena selain bermanfaat untuk orang lain, juga mendapat pahala karena sebagian dari ibadah. Sebelumnya saya ingin memohon maaf kepada para pengunjung blog, jika terdapat informasi ataupun penyampaian yang kurang jelas didalam artikel yang saya buat, mohon untuk diberi komentar dan saran oleh anda sebagai bahan...